1. | Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali …. | |
A. | melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, dan semester, kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran. | |
B. | menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. | |
C. | mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu. | |
D. | melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik. | |
2 | Makna dari Ing Ngarsa Sung Tuladha dalam implementasi pendidikan budi pekerti ialah …. | |
A. | pendidikan budi pekerti tidak dapat terinternalisasi dalam diri peserta didik dengan sendirinya, oleh karena itu keberhasilan pendidikan budi pekerti menuntut pentingnya contoh yang baik dari pendidik terhadap peserta didik. | |
B. | pendidik hendaknya mampu menumbuhkembangkan minat, hasrat dan kemauan peserta didik untuk dapat kreatif dan berkarya, guna mengabdikan diri kepada cita-cita yang luhur dan ideal. | |
C. | pendidik memberi kebebasan, kesempatan dengan perhatian dan bimbingan yang memungkinkan peserta didik atas inisiatifnya sendiri dan pengalamannya sendiri, supaya mereka berkembang menurut garis kodrat pribadinya. | |
D. | pendidikan budi pekerti perlu didukung oleh pendidik yang mampu membina kehendak, kemauan dan hasrat untuk mengabdikan diri kepada kepentingan umum, dan kepada cita-cita yang luhur. | |
3 | Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan? | |
A. | Standar Kompetensi Lulusan | |
B. | Standar Kompetensi | |
C. | Kompetensi Inti | |
D. | Kompetensi Dasar | |
4 | Salah satu tujuan perbaikan buku teks pelajaran pada penyempurnaan kurikulum 2013 adalah …. | |
A. | memastikan kredensial penulis, penelaah, penilai, dan pereviu secara terbuka dan dapat dihubungi oleh pengguna/pembaca | |
B. | memastikan langkah-langkah pendekatan saintifik sudah dituliskan dalam buku | |
C. | mengefisienkan biaya pencetakan dan penditsribusian buku pelajaran | |
D. | memperbanyak ilustrasi, gambar, dan peta konsep pembelajaran dan penilaian | |
5 | Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari penyempurnaan kurikulum 2013 ialah …. | |
A. | menghilangkan KD pada KI-1 dan KI-2 untuk Mapel selain Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn. | |
B. | memperbaiki rumusan KD sehingga mudah dipahami dan menata keluasan, kedalaman, dan urutan kompetensi. | |
C. | capaian kompetensi disesuaikan dengan jenis pengetahuan dan tingkat perkembangan berpikir. | |
D. | pembelajarn saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran | |
6 | Penyempurnaan Kurikulum 2013 pada aspek penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik ialah …. | |
A. | penilaian sikap mendapat porsi lebih besar daripada penilaian pengetahuan dan keterampilan. | |
B. | penilaian sikap tidak harus dinilai pada setiap KD dan bertujuan membina, memperbaiki, dan mengembangkan sikap dan karakter peserta didik. | |
C. | penilaian sikap diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan peserta didik tentang sikap yang baik dan sikap yang perlu bimbingan. | |
D. | penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan untuk setiap KD dengan menggunakan hanya satu teknik dan instrumen penilaian. | |
7 | Karakteristik silabus pada implementasi Kurikulum 2013 setelah penyempurnaan yaitu …. | |
A. | berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun RPP. | |
B. | hanya menyajikan aspek KD, Materi Pokok, dan Pembelajaran. | |
C. | Disajikan secara sederhana sehingga mudah dipahami. | |
D. | Kurang detail dan kurang memberi peluang kreativitas guru. | |
8 | Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan. | |
1) | Kemampuan berpikir mencakup: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. | |
2) | Kemampuan belajar mencakup: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. | |
3) | Kemampuan pikir dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar. | |
4) | Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. | |
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …. | ||
A. | (1), (2), dan (3) | |
B. | (1), (2), dan (4) | |
C. | (1), (3), dan (4) | |
D. | (2), (3), dan (4) | |
9 | Berikut terkait dengan tahap MENGAMATI dalam pembelajaran yang menerapkan metode saintifik, kecuali .... | |
A. | siswa mengumpulkan data yang relevan dengan pertanyaan atau KD | |
B. | siswa mengamati fenomenon dengan indera dengan atau tanpa alat | |
C. | siswa menemukan apa saja yang belum diketahui terkait fenomenon | |
D. | yang diamati adalah fenomenon alami atau disajikan melalui video/audio/gambar | |
10 | Kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah merumuskan pertanyaan (masalah), membuat rancangan pengumpulan data/informasi, mengumpulkan data/informasi dengan teknik yang sesuai dan menganalisis data/informasi, merumuskan simpulan (menjawab pertanyaan), dan menerapkan/menggunakan “temuan” dalam kehidupan dikenal sebagai .... | |
A. | inquiry/discovery learning | |
B. | problem-based learning | |
C. | cooperative learning | |
D. | project-based learning | |
Friday, 30 March 2018
SOAL LATIHAN PRE TEST
Diterbitkan March 30, 2018
Share to your friends
Artikel Terkait
Newsletter
Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
EmoticonEmoticon