ISTILAH | MAKNA |
Analytical Observer Teacher | Dimaknai dengan guru yang memiliki abstaksi tinggi tetepi komitmenya rendah |
Antisipatif, | artinya mampu menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi. |
Berkesinambungan | (supervisi akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah). |
classroom-conference | yaitu percakapan individual yang dilaksanakan di dalam kelas ketika murid-murid sedang meninggalkan kelas (istirahat). |
causal-conference | Yaitu percakapan individual yang bersifat informal, yang dilaksanakan secara kebetulan bertemu dengan guru |
Demokratis, | artinya supervisor tidak boleh mendominasi pelaksanaan supervisi akademik |
Dimensi | |
Direktif | Pendekatan direktif itu adalah Suatu kegiatan yang dilaksanakan secara teratur dan terencana pada setiap induvidu maupun kelompok dan apabila tidak dilaksanakan akan mendapat sanksi. |
Drop-out Teacher | Dimaknai dengan tipe guru dengan kwadran abstraksi rendah dan komitmen juga rendah |
Humanis | artinya mampu menciptakan hubungan kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor |
Kompeten | adalah ketrampilan yang diperlukan seseorang yang ditunjukkan oleh kemampuannya untuk dengan konsisten memberikan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan spesifik |
Kreatif dan Inovatif | Kreatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang terpatri kuat dalam diri seorang wirausaha sejati. |
Kolaboratif | Kolaborasi adalah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi beberapa elemen yang terkait baik individu, lembaga dan atau pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat |
Konstruktif | artinya mengembangkan kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran |
Kooperatif | artinya ada kerja sama yang baik antara supervisor dan guru dalam mengembangkan pembelajaran. |
Kekeluargaan | artinya mempertimbangkan saling asah, asih, dan asuh dalam mengembangkan pembelajaran. |
observational visitation | Yaitu percakapan individual yang dilaksanakan setelah supervisor melakukan kunjungan kelas atau observasi kelas. |
office-conference | Yaitu percakapan individual yang dilaksanakan di ruang kepala sekolah atau ruang guru, di mana sudah dilengkapi dengan alat-alat bantu yang dapat digunakan untuk memberikan penjelasan pada guru. |
Objektif, | artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen. |
Professional Teacher | Dimaknai guru dengan kemampuan abstarksi tinggi dan memiliki komitmen tinggi |
Praktis, | artinya mudah dikerjakan sesuai kondisi sekolah. |
Refleksi | Kilas balik dari suatu proses pembelajaran dikaitkan dengan pengalaman dirinya terhadap tugas yang sudah dilakukan. |
Realistis, | artinya berdasarkan kenyataan sebenarnya. |
Sistematis, | artinya dikembangan sesuai perencanaan program supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran |
Terpadu, | artinya menyatu dengan dengan program pendidikan. |
Unfocused Teacher | Dimaknai guru yang memilki komitmen tinggidan abstraksi rendah |
Tuesday, 17 April 2018
GLOSARY SUPERVISI AKADEMIK
Diterbitkan April 17, 2018
Share to your friends
Artikel Terkait
Newsletter
Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
EmoticonEmoticon