Monday 27 August 2018

PROGRAM KERJA BIMBINGAN DAN KONSELING


Pada tahun pelajaran 2018/2019 ini banyak sekolah-sekolah yang akan di Akreditasi, khususnya di Tingkat SMP/MTs, dan pada kesempatan ini BLOG PRAKARYA INDRAMAYU ingin berbagai mengenai Program Kerja Bimbingan dan konseling yang berkaitan erat dengan STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN pada point  45 untuk persiapan akreditasi, karena tidak menutup kemungkinan banyak sekolah-sekolah yang belum punya program kerja Bimbingan dan konseling tersebut, program Bimbingan dan konseling memfasilitasi perkembangan peserta didik agar mampu mengaktualisasikan potensi dirinya dalam rangka mencapai perkembangan secara optimal. Fasilitasi dimaksudkan sebagai upaya memperlancar proses, karena secara kodrati setiap manusia berpotensi untuk berkembang.

Peserta didik adalah individu yang sedang berkembang. Untuk mencapai perkembangan optimal, potensi-potensi peserta didik perlu difasilitasi melalui berbagai komponen pendidikan, yang salah satu di antaranya adalah layanan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling saat ini merupakan upaya pengembangan potensi-potensi positif individu. Semua peserta didik berhak mendapatkan layanan bimbingan dan konseling agar potensi-potensi positif yang mereka miliki berkembang optimal. Pengembangan potensi potensi positif memungkinkan individu mencapai aktualisasi diri. Meskipun demikian, paradigma bimbingan dan konseling ini tidak mengabaikan layanan-layanan yang berorientasi pada pencegahan (preventif) dan pengatasan masalah (kuratif).

Upaya mewujudkan potensi peserta didik menjadi kompetensi dan prestasi hidup memerlukan sistem layanan pendidikan integratif. Kompetensi hidup dikembangkan secara isi-mengisi atau komplementer antara guru bimbingan dan konseling atau konselor dengan guru mata pelajaran dalam satuan pendidikan. Setiap peserta didik memiliki potensi (kecerdasan, bakat, minat, kepribadian, kondisi fisik), latar belakang keluarga, serta pengalaman belajar yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan peserta didik memerlukan layanan pengembangan yang berbeda-beda pula.

Untuk yang membutuhkan Program Kerja Bimbingan dan konseling silahkan download filenya semoga bermanfaat….






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Comments